Monday, August 22, 2005

...after the spotlight...

Phew. Akhirnya acara HUT Penabur selesai juga. Months of laboring practices has finally paid off with a spectacular finale. Well, dunno what else to say about that, secara justru setelah finale-nya itu perasaan gue mulai terombang-ambing antara grateful dan sedih.

Yah, gitu deh.

I mean, I just can’t believe that those many weeks of practicing, those exhausting spoiled weekends of recording the songs, and those precious schooldays skipped for singing, just ended up like that, with a thunderous bang, and that’s it. Udah, gitu. The end, bye-bye. Dan emang sebenernya udah seharusnya begitu. Cuma gue aja yang masih mikir, oh, ternyata semuanya udah berakhir. Udah abis. Udah nggak ada lagi tuh yang namanya pergi latihan gabungan ke Kelapa Gading. Udah nggak ada lagi tuh keluar-keluar pelajaran buat latihan gerak. Udah nggak ada lagi tuh bela-belain dateng pas liburan cuma buat latihan nyanyi. All those things, yang dulu gue jalanin grudgingly, sekarang udah selesai, udah abis. Tapi enggak tau kenapa di saat semua hal-hal menyebalkan itu lewat, gue malah sedih. Malah kangen. Malah pengen mengulang semuanya sekali lagi.

Yeah, well, I know that the worst part of doing something is when that something is over. Sama kayak acara HUT Penabur ini. Setelah semuanya selesai, semuanya tamat, baru deh kesedihannya nonjok. It’s like, wham, all of a sudden you’re hit with this special kind of remorse that just doesn’t wear off. Mulai dari memori-memori latihannya, saat-saat bareng-bareng latihan gabungan, sampe gladi kotor, gladi bersih, and even the big show itself. Apalagi buat gue yang selama masa-masa latihan selalu berpindah-pindah posisi kayak burung gereja, dari singers, ke padus, ke front row, sampe balik lagi ke singers. Sampe ada yang ngatain kalo gue curang, pernah ngerasain semua pilihan posisi jadi bisa seenaknya milih posisi ter-pewe biar keliatan di panggung. Hahahahaha. Semuanya itu menyenangkan banget buat gue, kayak angin segar yang menyegarkan gue setelah hari-hari digencet di Smukie, yang bisa bikin gue ketawa lagi, yang bisa bikin gue ceria lagi, yang bisa bikin gue ngerasa nyaman, ngerasa diterima, ngerasa kalo disinilah gue harusnya berada.

Khusus buat singers, gue bener-bener ngerasa jadi bagian dari satu kesatuan yang solid banget disitu. Sama lingkungannya, sama anak-anak sesama singers, sama posisinya, semuanya! I mean, kita udah sama-sama sejak waktu rekaman, udah ngobrol bareng, ketawa-ketawa bareng, curhat-curhat bareng, sampe udah jadi deket banget kayak temen lama aja. Mulai dari complete strangers, kenalan, deket, deket banget, sampai sekarang dipisahin lagi sama waktu. Well, sedih aja, gitu. Apalagi mengingat momen-momen indah yang udah gue alamin bareng-bareng mereka. Semua senyuman dan tawa yang dibagi sama-sama, juga semua nada-nada indah yang dinyanyikan untuk kita. Gue bisa kenalan ma Ka’Vani, pelatih luar biasa sekaligus kakak yang gue kagumin banget, bisa nyanyi bareng amazing people yang suaranya bagus-bagus banget, bisa belajar memperbaiki diri bareng-bareng, bisa mencoba hal baru yang enjoyable banget, dan terlebih lagi bisa lebih membuat diri gue yakin akan kemampuan gue sendiri. Semuanya berlalu begitu aja, dan sekarang kita mesti pisahan. Ketemu lewat nyanyi, pisahan juga lewat nyanyi. Grateful, yes, but it also breaks my heart. Nggak percaya aja kalo akhirnya kita semua mesti beneran pisah, get on with life, kembali jadi orang luar setelah sekian lama barengan. Well, honestly, ini yang bikin gue sedih banget. Singers itu udah jadi kayak keluarga di HUT Penabur buat gue. Berat banget buat ninggalin mereka. Really.

Tapi sekarang, I guess I have to move on. Yah, gue ngerti juga koq kalo nggak ada gunanya sedih-sedih terus. What’s done’s done. Gue harus merasa thankful, bukan sorrowful. Lewat ya lewat, yang penting udah banyak banget pelajaran yang berhasil gue petik dari sana, yang bisa membangun diri gue. Dan kalo emang jodoh ya kita semua pasti akan ngumpul bareng lagi, someday, if God lets us to.

Phew. Gue jadi tambah sedih.

After the spotlight, gue rasa gue harus banyak ngucapin terima kasih. Makasih, buat pengalaman berharga ini. Makasih, buat semua hal-hal indah yang udah gue alamin. Makasih, buat setiap senyuman tulus dan air mata yang telah jatuh. Makasih, buat kesungguhan nurani yang membantu gue berdiri. Makasih, buat melodi-melodi hati yang jujur selama ini.
Dan, yang paling penting, makasih, buat semuanya.

Hope this unforgettable memory brings me a valuable lesson to learn in life.

Happy birthday, BPK Penabur, and congrats for the magnificent show you guys put up yesterday!!

--balthazor66

No comments: