Tuesday, December 20, 2005

...after the spotlight, again...

Whew. So here we go again.

Another big show, another treasured memory. And when everything is summed up in a miraculously spectacular finale, well, what more can you possibly ask for?

Pagelaran Seni Smukie yang diberi judul ONE ternyata bisa membanggakan juga, pada akhirnya.

Gila. Berminggu-minggu, berbulan-bulan waktu yang diabisin buat latian, semua keringat dan tenaga yang kebuang, ternyata emang nggak sia-sia. Dua hari pentas kemaren, Sabtu-Minggu, udah berhasil ngebuktiin kalo ternyata sekolah narsis se-academic-minded kayak Smukie juga bisa ngadain suatu pentas seni yang bener-bener spektakuler.

Dan jujur gue bangga banget bisa jadi bagian dari ajang pembuktian diri ini. Capek banget, iya, tapi jelas bangga banget.

Well, pertamanya sih, gue aga2 ambil bagian dengan grudgingly juga sih, secara latian gabungannya itu dilaksanain di tengah-tengah lautan remedial yang udah pasti menelan banyak korban, nggak terkecuali anak-anak Pensi termasuk gue. Hasilnya, latian gabungannya jadi nggak jelas banget, bolong-bolong sana-sini, dihiasi teriakan-teriakan tajem menyakitkan nan nyebelin dari Bu Ivon sang sutradara yang bawaannya marah-marah melulu ngeliatin latiannya nggak beres-beres. Jujur, waktu itu gue cukup pesimis. Apa iya Pensi bisa berhasil kalo latiannya aja nggak jelas gitu?
Tapi, ternyata kepesimisan gue itu nggak beralasan. Soalnya pada akhirnya pentasnya berhasil banget. Gue aja masih nggak percaya.

Nah. Mari sekarang kita flashback sebentar dan kembali mencatat urutan waktu detik-detik terakhir menjelang the big show.

Hari pertama, Sabtu tanggal 17 Desember 2005, perjuangan dimulai waktu gue nyampe sekolah sekitar jam tujuh pagi, masih ngantuk berat sambil nyeret-nyeret tas gede berisi properti, nyaris tepat waktu buat meng-attend latian terakhir di lantai delapan. Sempet ngerumpi dulu sama anak-anak Padus, nontonin yang cewek rame-rame nyatok rambut en ngewarnain kuku pake kutek merah, sementara yang cowok sibuk ktawa-ktawa sembari fitting jas. Terus anak teater pada dateng, jadinya gue pindah ngerumpi sama mereka. Latiannya ternyata molor dua jam lebih, menunggu Bu Ivon yang lamaaaaaaa banget nggak dateng-dateng, sampe akhirnya Bu CH sama semua pelatih yang laen mutusin buat mulai latian tanpa dia. Latian berjalan sampe sekitar jam dua belas, diselingin sama makan Bakmi GM rame-rame sambil sirem-sireman kuah [lho??] en make-up sebelum kira-kira jam satu kita semua cabut massal menyerbu GKJ.

Nyampe GKJ jam duaan, sebagian yang belum sempet make-up langsung ngibrit ke ruang make-up sementara yang udah make-up nyantai di bangku penonton, ktawa-ktiwi sambil foto-foto. Nunggu, nunggu, dan nunggu. Kira-kira jam empat lebih latian per-scene mulai, masih tanpa Bu Ivon scara dia nggak tau kemana nggak muncul-muncul, jadi yang meng-koordinir tetep Bu CH dan pasukan pelatih. Hahahaha. Gue sama Rere sempet nyanyi-nyanyi barengan Charles Marsha Odan bentar sambil nontonin anak-anak Youth Chamber checksound sebelum akhirnya digiring naek ke panggung buat mulai latian. Latian berjalan aman sampe sekitar setengah tujuh malem, agak telat dari jadwal, dan tiba-tiba Bu Ivon nongol dengan baju ijo ngejrengnya, ngasih last-minute advice dengan muka tegang dan bilang kalo malem itu masih bukan show puncak, jadi pasti bakal terjadi banyak kesalahan, tapi walaupun gitu jalanin aja, no matter what, anggep aja masih latian.

And so be it! Kita semua pun doa bareng-bareng, trus nyebar buat siap-siap di posisi masing-masing, ready to battle. Hahaha.

Yah. So the show began. I'm not going into details, secara bakalan kepanjangan kalo ditulisin semua disini. Tapi overall pentas hari Sabtu itu masih super-duper berantakan, jauh banget dari apa yang bisa dibilang bagus. Well, tetep megah sih, keren, tapi funnily enuff ada beberapa kesalahan lucu yang terjadi sepanjang pentas, yang entah gimana caranya bisa kejadian dan dengan begonya terjadi, gitu. Kayak munculnya barisan sofa lengkap dengan mejanya waktu tari salsa Penasaran, tepat di barisan penari yang cukup dibikin bingung, padahal harusnya set sofa itu belum waktunya keluar di panggung [insiden aneh bin ajaib ini sukses bikin seisi backstage teriak-teriak panik tanpa suara sambil setengah mati nahan ketawa, fyi]. Atau kesalahan set properti pas adegan Opa-Oma, even posisi bangkunya aja salah total, dan sofanya sendiri juga salah. Ada juga insiden layar besar yang nutupin setengah barisan Padus di tengah-tengah acara, sampe bikin anak-anak Padus yang duduk di barisan belakang panik plus kaget gara-gara tiba-tiba ada layar jatuh tepat di depan muka. Terus juga ada banyak kesalahan teknis waktu tarian etnis di bagian belakang acara. Juga miscommunication antara Pak Catur sama Padus pas curtain call, jadi lagu 'Joyful Joyful'nya kurang banyak diulang. Hasilnya, susunan acara yang harusnya rapi malah jadi berantakan, walaupun nggak sampe jadi ancur beneran sih, tapi tetep aja sanggup bikin Bu Ivon marah-marah bentar at the end of the show.

Kesimpulannya, show hari Sabtu nggak begitu sukses, dari segi penonton, juga the show itself.

Hari kedua, Minggu tanggal 18 Desember 2005, gue bangun pagi dengan keadaan cukup menyedihkan. Suara gue ilang, sakit kepala, kedinginan nggak jelas, plus pilek stadium lanjut yang sukses bikin gue ngabisin satu rol tissue buat buang ingus dalam sekejap. Sempet panik berat gara-gara kondisi gue yang udah kayak mau runtuh, gue siap-siap berangkat ke GKJ dengan amunisi lengkap: jaket, baju dobel, plus TIGA botol Luo Han Kuo penyelamat suara. After everything was done, sekitar jam sembilan gue cabut dari rumah, pusing setengah mati sambil berharap gue nggak akan mengacaukan segalanya.

Nyampe di GKJ jam sepuluh, gue langsung disambut sama dingin mampusnya air conditioning disana. Sepinya orang-orang yang baru dateng membuat gue bisa tidur lagi sebentar, curl up di salah satu barisan belakang kursi penonton dan merem, sebelum akhirnya semua orang dateng dan latian dimulai. Gue latian dengan teler, lemes, powerless, idung tersumbat dan pusing-pusing, desperate to go home with no exact reason. Sekitar jam duabelas semuanya udah dipanggil ke ruang make-up buat mulai dirias, dilanjutin sama acara makan dimana gue sukses nggak menikmati gara-gara makanannya KFC dan secara suara gue was on the fritz so eating fried food would be strictly forbidden. Hasilnya gue terpaksa makan tuh ayam tanpa kulitnya yang enak setengah mati, ditemenin sebotol Luo Han Kuo yang gue harap bisa kembali menyelamatkan suara gue dari keserakan dan kebindengan. Kira-kira jam satu latian terakhir dimulai, kali ini ada Bu Ivon yang sibuk neriakin komando dari kursi penonton dengan mike-nya yang super kenceng, dan gue mulai panik, takut suara gue nggak sanggup pulih waktu show nanti jam tiga. Alhasil gue sempet puasa ngomong sambil setengah mati nahan sakit kepala yang rasanya bikin kepala pecah. Phew. Torture.

Di hari kedua ini, Bu Ivon nggak banyak ngasih last-minute advice, mungkin gara-gara dia cukup puas sama latiannya atau emang udah pasrah. Kita cuma dikumpulin sebentar buat dikasih morale-boost, terus doa bareng. And so the show began at exactly five past three.

Hasilnya? Fantastic.

Pentas hari kedua ini bener-bener BAGUS BANGET. Spectacularly wonderful. Semuanya berjalan mulus, hampir nggak ada kesalahan sama sekali. Dan ajaibnya suara gue turned out to be fit enough to sing at the very last minute, though gue ngerasa gue kedengeran agak serak. Selain itu semua berjalan dengan lancar banget. Indah banget. Megah banget. Spektakuler banget, sampe akhirnya Bu Ivon nggak marah-marah lagi, kesenengan banget malah acaranya bisa sesukses itu. Gila. It was a big success. Dan kita semua end up hore-horean sambil sibuk salam-salaman en foto-foto di panggung, saking bahagianya.

Whew. It was beautiful. And I'm grateful.

Gue berterimakasih, bener-bener berterimakasih, sama semuanya. Sama The Big Guy Up There, yang pertama pastinya. Sama Bu Ivon, yang udah ngasih kesempatan buat gue. Sama anak-anak Teater yang udah jadi temen-temen kerja yang oke banget selama ini. Terutama ReRe, 'Bu Murni' sekaligus onstage-wife yang oke banget. Hahaha. Juga sama semua orang lain yang terlibat di Pensi ini, yang udah sukses bikin Pensi ini sesuatu yang indah buat dikenang, sesuatu yang berharga buat diinget sepanjang umur. Thanks, guys! Owe you one. Moga-moga kapan-kapan acara kayak gini bisa ada lagi ya? Amiiinnn… Hahaha.

Wow. I really can’t explain how happy I am right now.

So, in the end, after the spotlight, JJ would like to congratulate Smukie for such a magnificently wonderful show, and the astounding art performance that has been put up brilliantly, as a sign of perseverant determination and spirit to achive such an amazing standard.

Congratulations, guys!! ^^

--balthazor66

1 comment:

Banana Pancake said...

oiy je! he''. gw slalu suka d baca tulisan lo! slalu bisa buat gw ktawa walopun gw skarang lagi 'BT' nungguin trima raport di perpus, kedinginan, dengan ivan 'astronomi' di sebelah gw. ahahahahahhahaahahahaahha