Thursday, December 08, 2005

...highlights of the day...

Fiuh. What a day! Hari ketiga UAS ini berjalan dengan sangat mulus. Gue sukses bisa ngerjain Bahasa Indonesia n Geografi, yay!! ^^

Whew. Still two more to go, though. Tapi mungkin pressure-nya udah mulai wear off, secara besok n lusa itu cuma ada Sosiologi sama English. So that means I'm gonna be able to finally breathe once again. Remedial? Nggak peduli. Haha.

Eniweiz… Gue ngeliat satu kejadian yang cukup menarik hari ini.

Tadi siang, gue jalan pulang dari skul lewat jalan kecil daerah Kembangan deket Pola Bugar situ tuh, yang emang selalu jadi alternatif penghindar macet kalo gue lagi kebagian jam pulang siang. Nah, kebetulan jalanan tadi siang lagi rada rame, jadi gue sempet rada tersendat dikit pas lagi lewat jalan itu, secara selain rame jalanannya juga aga2 sempit, gitu. Jadilah gue nyantai smsan tanpa peduli suasana sekitar, as I've gotten used to traffic jams since god knows when, sambil ngedengerin Prambors yang kebetulan lagu-lagunya lagi enak-enak.

This is exactly when suddenly my dear supir nyeletuk kaget: "Loh, tu orang berdua lagi ngapain?"

Nah lo. Orang berdua yang mana ya? Gue langsung mengalihkan perhatian trus liat-liat sekeliling dengan tatapan haus berita.

Dan pandangan gue langsung tertuju ke dua orang cowok kurus--yang satu keliatan masih muda en ganteng, yang satunya bermuka typical abang-abang--yang lagi sibuk pukul-pukulan di atasnya penutup got yang udah bolong-bolong. Si muda en ganteng lagi pasrah kejepit setengah berdiri ke tembok dengan idung mimisan stadium lanjut, sementara yang bermuka abang-abang lagi sibuk sepenuh hati nyakar-nyakar si muda en ganteng. Gue nggak tau apa sebabnya sampe mereka bisa hot banget berantem kayak gitu [secara nggak ngerasa perlu sekepo itu buat nyari tau juga, gitu ^^], yang jelas mereka keliatan lagi bermasalah banget deh.

Didorong rasa penasaran, juga karena jalanannya emang lagi tersendat banget jadi mobil gue nggak bisa jalan, gue pun anteng nungguin apa yang akan terjadi berikutnya sama mereka berdua.

Funnily enuff, guys, dari awal orang-orang nyadar kalo lagi ada orang berantem di deket mereka, orang-orang itu udah mulai ngumpul buat nontonin. Tapi respons mereka berenti sampai di situ: nonton doank. Nggak ada yang berinisiatif nolongin atau paling nggak misahin, lah. Seharusnya sih, kalo menurut kutipan buku-buku crappy PPKn SD, kalo kita ngeliat ada orang lagi berantem kan seharusnya kita melerai, iya nggak sih? [tiba-tiba jadi kebayang suasana kelas X-6 versi anak SD dengan Engkong Sulis lagi ngomong di depan, "Jaaaadiii, anak-anaaaak, kalau di jalan kita ngeliat ada orang lagi berkelahiiii, kita haruuusss…" dan dijawab sama seisi kelas, "Melerainya dong, Paaaaaakk!" hehehe ^^] So, gue jadi aga2 bingung begitu ngeliatin semua orang yang asik ngumpul en nontonin dua orang yang berantem itu as if lagi seru-serunya nonton adegan action di film layar tancep.

And it wasn’t before at least another ten minutes that finally two of them decided to make a move and stepped forward.

Setelah itu, baru deh sisa dari jumlah penonton itu mendadak kompak ikutan misahin sambil tereak-tereak heboh nggak jelas.

Mobil gue pun pelan-pelan berjalan lewat dari scene itu, dan gue cuma bisa menghela napas sambil geleng-geleng kepala.

Whew. Jadi begini ya budaya orang Jakarta jaman sekarang?

Wlell, kalo mau dibilang pathetic, mungkin dalam skala menyedihkan satu sampe sepuluh, peristiwa itu bisa gue kategoriin berskala delapan setengah. Menyedihkan aja, gitu, ngeliat begitu apatisnya orang-orang Jakarta sekarang, sampe nggak bisa buat peduli sama sesama mereka dan maunya tetep megang teguh prinsip individualistis yang udah mereka percayai. Nggak mau nolongin orang yang lagi kesusahan, cuma mau nontonin aja, nyaksiin semata, tanpa mau ambil bagian didalamnya. Cuma bisa ikut-ikutan aja, nggak punya motivasi sendiri buat ngelakuin sesuatu. Segitu rusaknyakah generasi muda Jakarta? Segitu akutnyakah?

Atau emang mungkin kota tercinta kita ini udah dasarnya kelewat tercemar kali yah, both environmentally and psychologically.

Hari ini gue jadi bertanya-tanya, kemanakah gerangan perginya semua pelajaran moral Pancasila yang udah ditanamin sejak kecil itu.

Apa emang pada akhirnya semua ideologi itu cuma bisa jadi teori semata?
Fiuh. Jadi prihatin.

So, today has been vividly fascinating for me. FYI, I'm rereading Sitta Karina's Imaji Terindah, and I personally think this book's marvellously beautiful. Simpel, tapi indah. You guys have to read it. And t.A.T.u's Dangerous and Moving CD is a masterpiece, too. Well, at least that's what I think these past few days.

Selamat hari Rabu, guys! Luv yah.

--balthazor66

1 comment:

Banana Pancake said...

haiy j! lagiy di perpus ne, nungguin mao latyan padus. ahahahahahah. dimane lo? teater ya?? hikz, bonar ke ta, senangnya...