Tuesday, March 07, 2006

...about the unspoken hero...

Waduh.
Hari ini JJ ingin sekedar berbagi sesuatu yang cukup menyentuh hati JJ beberapa hari yang lalu.
Tentang para asisten rumah tangga alias pembantu kita, guys.

Semuanya dimulai Sabtu pagi kemaren, tanggal 4 Maret 2006, waktu JJ lagi duduk manis di depan meja makan, menikmati sarapan nasi goreng ala rumah yang enaknya mana tahaaaan, plus telor ceplok plus kerupuk merah sisa nasi uduk menu kemarennya lagi. Tidak lupa pula secangkir kopi yang masih panas mengepul. Wah, nikmat banget deh sarapan kayak gitu! Udah gitu ditemenin lagi sama asisten rumah tanggaku tercinta, yang selama gue makan juga ikutan duduk di sebelah, makan menu yang persis sama dengan apa yang lagi gue makan, karena, jreng jreeeng, guess what? Menu itu gue yang masakin, buat gue, dan buat dia.

Sudah mulai bingung menerka kira-kira postingan ini bakal menuju kemana?
Ehm. Mari kita membahas pendahuluannya terlebih dahulu.

Begini. Jadi di rumah gue itu sekarang cuma ada satu orang pembantu. Mbak Asih, namanya. Orangnya kecil, imut, kurus dan kalo jalan gesit banget. Dulu sebenernya pembantu gue ada tiga, tapi yang dua udah berenti, satu gara-gara mau kawin [lagi, yang which is adalah alasan standar resmi keluaran organisasi pembantu seindonesia yang manjur sekali kalau anggotanya mau sukses minta berhenti kerja], yang satunya lagi bilang mau di rumah aja ngejagain orangtuanya yang udah tua. So, akhirnya, pembantu di rumah gue kembali lagi menjadi satu orang saja. Mbak Asih inilah orangnya.

Yah. FYI, Mbak Asih ini udah kerja, udah ngikut keluarga gue, selama hampir tujuh belas tahun. Wow. Quite an achievement don't you think? Dia mulai masuk kerja di rumah gue tepat di hari gue masih berwujud bayi-imut-lucu-tak-tahu-diri-karena-nangis-nangis-jejeritan-melulu berusia genap sebelas bulan. Dan semuanya berlanjut sampai sekarang, waktu berganti, rekan-rekan sejawat pun datang dan pergi, tapi dia tetep setia kerja sama keluarga gue.

Nah, di waktu makan berdua di meja makan pagi-pagi yang tadi udah disebutin itu, JJ sempet ngobrol banyak sama dia. Something we always do on weekends, actually. Momen dimana tiap Sabtu pagi gue akan masuk dapur dan nemenin dia masak, atau malah masakin sesuatu buat dia seperti Sabtu kemaren. Dan akhirnya, di sela-sela prosesi makan-nasi-goreng-yang-nikmatnya-minta-ampun itu, kita berdua sempet ngobrol. Macem-macem.

Yang bikin tersentuh adalah, dia sempet cerita tentang kampungnya. Tentang rumahnya yang dulu banyak, sekompleks sendiri ditinggalin sama anggota keluarganya mulai dari nenek sampe generasi paling muda, tapi sekarang udah pada dijual-jualin ke orang luar gara-gara masalah duit.. Tentang anak-anaknya yang sekarang udah dewasa, udah nikah, udah kerja.. Tentang cucu-cucunya yang udah dua orang, cewek, lucu-lucu dan dikangenin sama dia.. Tentang ibunya yang sekarang lagi sakit.. Juga tentang suka-dukanya kerja sama keluarga gue selama hampir tujuhbelas tahun ini..

Dia bilang kalo kerja di keluarga gue adalah anugrah buat dia. Bisa dapet majikan yang baik hati sabar dan pemurah *winks* [halah!!], rumah yang nyaman beserta kamar tidur plus kamar mandi plus teras pribadi, kerja di lingkungan yang enak, apalagi gaji yang terus menanjak naik tiap tahunnya. Belum lagi, katanya, hadiah-hadiah laen yang sering dikasihin ke dia, entah sekedar oleh-oleh sepulang gue atau bokap-nyokap dari luar negeri, sampe terakhir sebuah motor hadiah bokap buat dia. Dia bersyukur, katanya, walaupun sekarang dia ngerasa udah tua, udah capek buat terus-terusan kerja jadi pembantu, dia tetep seneng udah bisa ikut keluarga gue dari dulu sampe sekarang, dari nggak bisa apa-apa sampe jadi ahli masak nomor satu di dunia versi JJ dan keluarga. [huehe.. international cuisine plusplus I might say]

Terus, dia juga ngeluh tentang badannya yang sakit-sakit di segala penjuru, juga sakit kepalanya yang sembuhnya suka-suka dia. Ngeluh tentang kondisi badannya yang kian menurun.. Dan dia juga cerita-cerita tentang hal-hal lain yang nggak bisa gue tulis disini.. Intinya dia betul-betul membuat gue tersentuh, banget, ngedengerin juga ngeliat betapa besar pengabdian yang udah dia kasih buat gue, juga keluarga gue.

Waktu gue kecil, dia yang ngurusin gue. Ngegantiin pampers gue, ngasih gue makan, nyekokin vitamin-vitamin plus susu buat gue yang dulu bandel nggak mau makan, ngawasin gue dari tangan-tangan jahil suster-suster tak-berperikebayiimutan yang dulu katanya sering nyubitin plus ngasih cabe rawit ke gue kalo gue nakal.. Sampe sekarang, gue udah gede, dia masih ada buat gue, nyuciin baju gue, ngeberesin kamar gue, masak buat gue, ngebantuin gue dalam banyak hal...

Gue sadar, selama ini sering gue nggak menghargai apa yang udah dia kasih ke gue. Sering gue marah-marah, sering gue nggak respect sama dia. Padahal dia tuh udah kayak nyokap kedua gue, orang yang mungkin paling deket sama gue sejak bayi selain ortu gue sendiri. Ah, sedih rasanya, ngebayangin kalo dulu gue sering marah-marah sama dia, ngambek sama dia, dan nggak terlalu berterimakasih sama apa yang udah dia lakuin buat gue tiap harinya.

Sadar nggak guys, kalo kita semua sering banget nggak ngehargain jasa para pembantu rumah tangga kita ini?

Fiuh.
Jujur, JJ terharu banget sama ketulusan hatinya.
Gue mengakhiri postingan ini dengan sebuah tribute buat Mbak Asih. Another unspoken hero, yang sadar atau nggak, langsung atau nggak, udah ikut ambil bagian dalam ngebesarin gue, ikut ngebentuk gue, ikut ngejadiin gue seseorang yang adalah gue sekarang.

Gue salut. Bener-bener salut.
With this, I'm giving her, an extraordinarily-devoted astounding human being, a sincere, honest tribute. For her thorough dedication and work.

Terima kasih. Terima kasih. Terima kasih.
JJ nggak akan pernah lupa sama Mbak Asih, sampai kapanpun.
Terima kasih banyak.

--balthazor66

1 comment:

Banana Pancake said...

hikz. nyokap kedua gw juga ada tu!! gw panggil dia si-DAR!! hikz, itu malah dari jaman nci gw masih bayi gitu d!

-itung--itung-- yah skitar 20 taun!

I love her so much! hehehe

nih dya skarang lagi di sbelah gw, ketiduran. hehe