Saturday, June 11, 2005

...about lovers n friends...

Wadoh… akhirnya exams n friends a.k.a remedials kelar juga… Wow, I can’t believe I'm approaching the end of the school year already… But I'm not here today to talk about the exams, though. I got some other things in mind; things that are actually more worthy to talk about than those aggravating exams n stuff… Hahaha…

Today, rather, I'm gonna talk about love. And its attributes along with it, of course.

Like, it's really funny, you know, when you think about it. How your attitude and priority suddenly changed exhaustively when that beautiful feeling just came around banging on your door, begging you to let it take over your mind, body, and soul. And I'm not exaggerating things here, mind you, since I actually HAVE experienced that kind of feeling. I mean, when that moment comes, all of a sudden your world disappears, and it somehow feels like there is only you standing with the one particular person who gave you the banging feeling earlier in everything that you do. And you'll sacrifice just about anything, ANYTHING, to get close to that person, no matter what happens.

This is where the terms 'lovers n friends' actually counts.

Now look here, guys… Let's say, sekarang lo udah 'taken', meaning to say udah ada yang punya getoh. Lo sayaaaaaaaang seribu sayang sama ini orang, nempel abis kayak materai sama surat pernyataan. Trus tiba-tiba your beloved special someone ini serius ngajakin lo pergi berduaan buat dinner romantis di restoran paling enak se-JTown. Sedangkan at the same time sahabat-sahabat terbaik lo yang misalnya udah ampir seumur idup barengan trus sama lo, selalu ada buat lo kapan aja lo butuh mreka, n istilahnya uda kenal lo banget luar-dalem, gitu, ngajakin lo hang-out maen BL sama mreka skalian nginep bareng-bareng n have fun till you guys drop.

Nah, kalo uda dihadepin sama tough choice kayak gini, tell me, yang mana yang akan lo pilih?
Ini yang gue bilang sebagai 'lovers n friends rivalry'.

Kadang-kadang, percaya ato nggak, suka ato nggak, mau ato nggak, hal yang macem gini sering banget mengisi hari-hari kita waktu kita lagi punya someone special in mind. Saat dimana lo ngerasa lo mau go steady sama orang itu, saat dimana lo uda beneran mao serius jalan sama dia, saat dimana lo uda yakin bakalan cinta sampe mati sama dia… Pasti ada aja yang selalu bikin lo bingung lagi. Contohnya, ya yang di atas tadi. Pas lo uda ngerencanain sesuatu sama dia, sama orang yang lo sayangin banget ini, pasti ada aja yang somehow kerasa ngerusak rencana itu, misalnya, yah, mungkin ada ajakan reunian sama sahabat kayak yang diatas itu, ato ada masalah urgent kayak rapat OSIS, mobil mogok, dan laen sebagainya. Masalah yang kedua sih masih tolerable. Yang biasanya paling sulit itu adalah saat dimana lo harus milih antara your someone special yang biasanya adalah the so-called lover itu, atau temen-temen lo yang disini statusnya adalah sebagai friends. Keduanya sama pentingnya buat lo, sama-sama berarti buat lo, sama-sama nggak pengen lo kecewain, … tapi harus milih yang mana??

Wadooh. Ngebingungin banget nggak sih?

Iya, iya, gue tau, sebagian dari lo mungkin mikir, ya lebih penting pacar lahh! Namanya juga someone special, ya harus selalu jadi first priority, dong!! Iya nggak?

Lha, memang iya, most of the time memang itulah kenyataannya. Kalo kita uda bikin komitmen sama seseorang, memang kita mesti sebisa mungkin ngeduluin orang itu di hampir setiap hal yang kita hadapin. Yah memang uda seharusnya begitu. Namanya juga pacar. Statusnya aja uda beda dari cuma sekedar temen biasa. Jelas.

Tapiiii… ada tapinya neh… Sometimes kita nggak bisa bedain, nggak bisa ngebagi prioritas yang sebenernya dengan bijak. Terkadang kita bingung, bingung antara memilih sahabat dan pacar. Nggak bisa decide aja yang mana yang lebih penting, yang mana yang lebih worthy buat dijabanin. Patenan pikiran yang bilang kalo pacar itu selamanya lebih penting itu ternyata memang nggak selalu berlaku. Ada saat-saat dimana kita seharusnya menomorduakan pacar. Yah, salah satu contohnya adalah waktu kita harus memilih antara sahabat dan pacar ini.

Lho, kok begitu??

Begini… personally, menurut gue, biar mau diliat dari manapun juga, yang namanya pacar itu memang penting. Yeah. No doubt about that. Tapi apakah iya selalu terpenting? Nggak, of course not. Ternyata masih banyak hal-hal laen yang obviously lebih penting dari sekedar someone special tersebut. Keluarga, misalnya. Ato orang tua. Ato pelajaran. Dan juga salah satu dari banyak hal yang lebih penting itu adalah, yes, sahabat.

Nih ya, coba pikirin beberapa hal ini deh. Lamaan mana sih lo uda kenalnya, pacar ato sahabat? Lebih tulus mana sih, hubungannya, pacaran ato sahabatan? Lebih kuat mana sih, pertaliannya, pacaran ato sahabatan? Lebih berharga mana sih, nilainya, seorang pacar ato seorang sahabat sejati?

Hayooooooooooo… pasti bingung deh. Hahaha.

Kalo buat gue, uda pasti yang namanya sahabat itu lebih penting berkali-kali daripada pacar. Kenapa? Soalnya hubungan persahabatan itu lebih kuat, lebih berfondasi, lebih erat, lebih tulus, lebih terbuka, n pastinya lebih apa adanya. Nggak mungkin lo bisa sahabatan erat sama seseorang kalo lo belom kenal bener-bener orang itu kayak apa. Lo harus beneran ngenalin orang tersebut, luar dalem, mesti rela berkorban buat dia serta sebaliknya, dan harus beneran bisa nerima dia apa adanya tanpa harus ada pura-pura, baru itu yang disebut sahabat. Tapi lo bisa aja pacaran sama orang yang baru lo kenal seminggu ato bahkan lebih sebentar dari itu, cuma gara-gara faktor ketertarikan fisik doang. Pacaran itu lebih ke arah yang physical, yang seneng-seneng, bukannya buat nyari temen sejati yang bener-bener sincere sama lo yang bisa nemenin lo mengarungi hidup. Dan sekalinya hubungan pacaran itu retak, nggak ada lagi yang bisa kita perbuat. What comes around comes around, meaning to say that once you lose it, it's gone. Karena dasarnya juga nggak kuat, yang namanya pacaran itu jarang yang bisa bener-bener 'tahan banting', dalam arti bener-bener tulus n didasarin perasaan yang kuat, apalagi pada anak-anak tanggung seumuran kita, yang anak kecil bukan orang gede juga belom.

Meanwhile, suatu hubungan persahabatan itu lebih kuat dan pastinya lebih tahan banting. Dan gue uda liat banyak banget buktinya di sekitar gue, dimana-mana. Remember Matt Damon n Ben Affleck? Mereka tuh, contoh sohib seleb yang masih akur sampe sekarang walau uda jadi public figure yang sama-sama mledak. Trus akong gue, atau bahasa indonesianya opa, misalnya, masih tetep keep contact sama sahabatnya yang juga udah jadi opa-opa, yang uda dia kenal sejak, bayangin, lima puluh lima taon yang lalu, even sebelum akong gue ketemu ama ato oma gue! Dan mereka nggak cuma sekedar keep contact, tapi masih tetep sahabatan baek, uda kayak keluarga aja. Gue aja manggil sahabatnya akong gue itu dengan sebutan akong juga saking deketnya, dan untungnya tiap kali Sincia gue juga ikutan dapet Angpau dari dia [Hehehe]. Bokap gue juga, punya sahabat dari jaman doi SMP, dan even sampe sekarang mereka uda jadi bapak-bapak sukses masih tetep sering pergi bareng buat mengenang masa muda [cieeehh]. Dan bokap juga pernah bilang sama gue kalo sahabat itu selalu akan abadi, selama sahabat itu beneran adalah sahabat sejati. Kayak ketemu soulmate, katanya. Dan gue yakin itu bener. Gue sendiri punya dua orang sahabat yang menurut gue beneran adalah sahabat sejati gue. Kayaknya gue pernah cerita tentang mreka di sini, deh. Mereka tuh beneran tau banget tentang gue, sama sperti gue tau banget tentang mereka. Gue gede barengan mereka, dari masih anak kecil yang sama-sama belajar ngomong "mama" sampe sekarang kita masih barengan trus. Hahahaha. Lucu banget deh kalo nginget masa-masa dulu. Gue punya banyak banget foto-foto barengan mereka dari jaman jebot sampe uda pada gede-gede kayak skarang. Phew… thankful banget uda dikasih sahabat kayak mereka.
Eniweiz… balik ke topik utama neh. Menurut gue, suatu hubungan cinta bisa terjadi berulang kali sama orang-orang yang beda, sedangkan persahabatan itu bakal selalu stay the same. Nyaris nggak mungkin lo segampang itu ninggalin sahabat lo buat nyari orang baru, segampang nyari gebetan baru abis putus dari pacar. Dan rasanya pasti bakalan lebih sakit kalo lo ditinggalin sahabat lo daripada ditinggalin sama pacar lo. Trust me, it does. Secara gue pernah ngalamin itu, nyaris banget ditinggalin sama sahabat gue cuma karena satu hal yang sepele, gara-gara gue dengan bodohnya milih orang laen daripada dia, dan saat itu gue beneran ngerasa kayak ada yang ilang dari gue. Yang biasanya gue selalu kemana-mana sama dia, ngapa-ngapain selalu sama dia, jadi nggak lagi. Dan walaupun in the end kita baekan gitu, sampe sekarang gue masih ngerasa nyesel banget uda pernah ngerusak hubungan sama dia waktu itu.

Jadi intinya, jangan pernah menomorduakan sahabat lo demi suatu hal yang lebih semu, misalnya pacar. Soalnya gini, let's say gara-gara mau nyenengin pacar lo, lo jadi ngelupain sahabat lo, yang misalnya uda beratus-ratus kali nyoba menghubungi lo buat cerita tentang masalahnya, tapi selalu lo tolak dengan alasan sibuk sama pacar lo tercinta itu. Dia terus-terusan nyoba, tapi lo juga terus-terusan nyuekin dia. Nah, lama-lama sahabat lo itu pasti akan berubah desperate, mikir kalo orang yang selama ini dia anggap sohib terbaiknya bisa tega ninggalin dia demi orang lain yang baru dikenalnya seumur jagung a.k.a pacar… terus jadinya dia ngejauh dari lo, mundur teratur gitu deh, istilahnya, dan akhirnya hubungan lo berdua rusak. Trus, let's say juga akhirnya hubungan lo sama pacar lo juga nggak work out, artinya lo akhirnya putus sama doi. And that's when you realize you've lost everything, dude. Sahabat ilang, pacar juga nggak punya. Mau lari ke siapa lagi? Niatnya mau nyenengin orang yang ternyata bukan buat lo, eh, malahan hasilnya kehilangan salah satu orang terdekat lo yang laennya, yang ternyata lebih penting dari sekedar pacar. Kalo udah begini, apa lagi yang bisa kita lakuin?

Begitulah, guys.

Yah, jadinya, apa yang mau gue bilang adalah, kita semua harus ekstra hati-hati dalam menentukan pilihan kita, saat kita dihadapin sama dilema 'lovers n friends rivalry' seperti ini. Jangan sampe kita buru-buru men-decide cuma gara-gara perasaan sesaat dan malah menyesal kemudian, soalnya, as always, kesempatan itu nggak akan dateng dua kali. Kita mesti mikir dulu, liat baik-baik kepentingannya, sebelum akhirnya ambil keputusan, apapun itu. I'm not saying this is compulsory, guys. I'm just clearing things out. Soalnya gue personally sering banget ngadepin hal kayak gini, dan sering juga gue salah mengambil keputusan yang predictably malahan merusak semuanya. So, I just wanna advise you guys to be more careful in picking your choices. Jangan sampe ada penyesalan di kemudian hari, 'coz yang namanya sahabat baru itu nggak akan selalu tersedia setiap saat.

To a certain special someone, yang hari ini sukses bikin gue broken-heart untuk kesekian kalinya… Hati ini uda mulai jadi self-healing, dan seperti biasanya akan menjadi unbroken lagi… Just wanna let you know that I'm still missing you, somehow, don’t know why… Funnily enuff, ada satu pertanyaan yang sempet terlintas di benak [cieeee, kata-katanya] ini: apakah bener temenan baek aja itu cukup??

Wadoooohh.

So exams are over, holidays haven't started, and now I'm really clueless of what to do to spend my weekend. Latian buat rekaman udah mulai lagi… dan gue beneran nggak mood banget deh. Putri Duyung Extravaganza with my class in four days' time, yay!! Moga-moga aja everything will be just fine till then.

Peace y'all! Luv yah.

--balthazor66

No comments: