Sunday, June 19, 2005

...and so it is...

Uhmmm… how should I begin this post? Yes, guys, report cards were distributed today, and, well, to be honest, I wasn’t exactly all too thrilled or even hyped up about it. Proud, of course, since I successfully got into the IPS program ever so smoothly [Hahaha, dunno why, but I just feel so satisfied with it] but obviously not that happy. And why is that so? Because my friends, my closest ones, I might add, aren’t actually as lucky as I am in dealing with this crazy thing called penjurusan. Some of them didn’t even have a single chance in trying at all, since they failed in their grades to proceed, in other words nggak naek kelas. And I’m so incredibly sorry for them, you know.

Begini, guys… Tadi pagi jam tujuh gue nyampe skul tercinta dengan jantung sedikit berdebar dan mata setengah nutup-nutup gara-gara ngantuk, dalem hati ngutuk-ngutuk kenyataan pahit kalo semua kebahagiaan dan derita ini bakalan officially berakhir bentaaaaaaar lagi. Melangkah masuk lobby dengan langkah gontai, sempet grogi bentar gara-gara inget rambut baru gue yang sedikit akan dimusuhi oleh guru-guru, teruz langsung naek tangga yang biasa itu ke lantai dua buat nyamperin my soon-to-be-ex-class X-F. Nah, belum juga nyampe ke tujuan, Ivan sang ketua kelas jenius udah nyamperin gue halfway reaching my destination buat nyampein satu kabar buruk: ada dua orang di kelas gue yang nggak naek. Dan respon pertama gue pas ngedenger itu adalah bertanya “Tapi bukan gue kan??” dengan hati ketar-ketir. Untungnya jawabannya adalah sebuah gelengan kepala dan lontaran kalimat “Nggak, tapi si Itu dan Ini!” [sorry nih guys, namanya mesti disamarin]. Tentu donk gue kaget setengah mati ngedengernya, apalagi kedua orang empunya nama yang disebut si Ivan itu termasuk orang yang cukup sering ngobrol sama gue, yah, lumayan deket larr sama gue. Terang aja gue sempet spontan sedih gitu, sambil ngelanjutin jalan ke kelas sementara dalam hati gue mulai nebak-nebak, jangan-jangan kuping gue yang rada-rada bermasalah.

Tapi sayangnya ternyata nggak ada yang salah sama pendengaran gue. Setelah gue konfirmasi sama beberapa temen sekelas yang laen sesampenya gue di ruangan X-F tercinta, ternyata emang bener dua orang itulah yang nggak naek. Salah satu dari mereka nggak hadir tadi pagi, entah kenapa, sedangkan [cieee, sedangkan kooo..] yang satunya lagi, sebut aja si R, dateng, duduk di tempat duduknya yang biasa di sudut pojok kelas sambil nunduk. Sempet prihatin gitu ngeliat dia murung-murung gitu, sempet juga ngomongin tentang hal itu sama Rere yang kebetulan juga sama prihatinnya sama gue, dan tiba-tiba bencana sesungguhnya datang menghampiri. Bapak Wali Kelas tercinta, Pak Jo-Un alias Pak UW masuk kelas sambil bawa dua tumpukan; yang satu tebel, isinya majalah PETRA edisi breakthrough yang cukup keren, yang satunya lagi rada tipis en polos, itulah rapotnya.

Omigod. Baru di sini jantung gue serasa ampiiiiir copot.

Gue nungguin Jo-Un manggil-manggilin nama penghuni kelas satu-persatu berdasarkan abjad buat dikasih rapotnya dengan deg-degan campur nggak sabaran. Agneeeeess… Albeeeeeeert… Andreaaaaassss… Andreeeeeew… on and on and on, sampe akhirnya tibalah giliran gue. Waaaahhh, guys, ternyata, it turned out kalo nilai-nilai gue nggak jelek-jelek amat. I only failed one subject, and that is the almighty Physics, so I guess there’s nothing to be ashamed of. Hahahaha. Dan jadilah gue masuk IPS dengan sukses dan membanggakan! Yay!!! ^^

Tapiiiii… ada beberapa hal yang rada nyesekin buat gue.

Pertama, Chui keliatan depressed banget waktu dia nerima rapotnya. Yah, gue ngerti sih kenapa dia begitu, soalnya kan dia masih berusaha optimis bakal masuk IPA walaupun dia yakin banget bakalan nggak bisa masuk. Dan dia kayak langsung burst to tears gitu begitu ngeliat nilai-nilainya yang emang rada jauh dari batas nilai masuk IPA. Man, just staring her looking all desperate and miserable broke my heart. I mean, waktu di Duyung kemaren gue liat dia udah cukup tegar menghadapi apapun yang bakal terjadi, udah istilahnya masrahin semuanya gitu, cuma sekarang pas hal terburuk itu udah ada di depan mata, ternyata dia emang nggak se-tough itu, gitu. And I truly feel sorry for her, buat kegagalannya, buat masalahnya, buat kesedihannya, buat semuanya… Nggak nyangka hal ini harus beneran kejadian sama dia… Well, masalah sebenernya sih nggak sesederhana itu, cuma gue nggak bisa ceritain semuanya di sini… Nggak enak sekaligus kepanjangan…

So, buat Chui… Jangan sedih terus ya… Inget puisi yang kemaren gue tulis buat lo… Semangat!!! ^^

Trus, yang kedua, si R yang tadi gue sebutin itu, yang nggak naek kelas, tadi itu keliatan lebih miserable lagi. Kelar nerima rapotnya dan beneran di-confirm tentang ketidaknaikannya, dia langsung balik ke tempatnya, mandangin rapotnya sebentar dengan pandangan menerawang, dan akhirnya ngambil HP trus telpon nyokap sambil nangis. Man, gue lebih nggak tega lagi ngeliat dia kayak gitu. Satu karena R yang gue kenal bukanlah R yang gampang nangis; malahan gue belum pernah ngeliat dia nangis sebelum tadi pagi. Kedua karena gue ngerasa itu nggak fair buat dia. Yah, gue tau emang nilainya kurang buat naek kelas, kurang banget malah, tapi dia tuh udah berusaha semaksimal mungkin buat naek, dan kita sekelas ngeliat itu dengan jelas. Kenapa guru-guru nggak, gitu? Kenapa guru-guru nggak bisa ngeliat usaha dia yang mati-matian mau nyelamatin nilai itu dan at least ngebantu dia sedikit biar nilainya nggak merah, gitu? Soalnya dia itu fail di enam subject dan dua diantaranya itu cuma kurang satu poin serta satu lagi dua poin, guys!! Hadoh, nyesekin banget ga seeehh? Dan kenapa guru-guru nggak bisa even bermurah hati sedikit buat ngasih dia kesempatan naek kelas??
Aduhhh… jadi emosi gini… Maksud gue, dia itu udah berusaha, jadi boleh donk dihargai dikit usahanya??

Trus, ya, guys, yang lebih bikin terharu lagi, setelah dia udah bisa nenangin diri en mau beranjak pulang, dia tuh kayak nyamperin kita orang yang saat itu lagi ngumpul bareng dengan muka sedih, terus nyalamin kita satu-satu dengan senyum sportif penuh hati lapang gitu. Senyum malaikat, kata Rere. And yeah, for a split second, I thought he looked like an angel, too. I mean, after all the pain he had to endure, he could still smile a sincere smile like that, gitu. Terharu aja, gitu. Dan gue langsung ikutan nangis pas disalamin sama dia en diomongin gini, “Yah, Je, kita nggak jadi sekelas deh…” secara di Duyung kemaren dia sama gue udah janjian bakal sekelas lagi di XI-IPS taon ajaran depan. Hadoh… sedih banget gue pas dia ngomong gitu dengan senyumnya. Dan gue tuh langsung kayak meluk dia gitu, cuma nggak jadi gara-gara sikon yang terlalu rame sampe nggak ada space buat gerak gitu. Jadinya yah gue cuma nepok-nepok pundaknya sambil terus nyemangatin dia gitu sampe dia akhirnya keluar kelas, dan kita yang masih di dalem spontan nangis rame-rame.
Jadi, buat R [yang katanya sekarang lagi di S’Pore, nggak tau ngapain]… Jangan patah semangat, ya, bro!! Ambil positifnya aja… Tetep berpikir optimis kalo lo itu bisa!! Mungkin aja emang kegagalan ini ada hikmahnya buat lo… Supaya bisa lebih baik lagi dalam bertindak… Inget aja kalo kita semua bakalan terus ngedukung yang terbaik buat lo, oke? Cia you!! ^^

Phew. Jadi sedih nih…

Intinya adalah, hari ini adalah hari kebebasan sekaligus hari yang lumayan bersejarah buat gue. Happy and melancholy at the same time. Melancholy gara-gara hal yang diatas, dan happy karenaaaaa… guess what, guys, gue dapet gebetan baru!!! Hehehehe… Not gonna tell you who yet… Yang jelas dia itu salah satu anggota yang terlibat dalam persiapan HUT Penabur!! Omigod… dia itu cute banget yah ternyata!!! Adorable… Gue sumpah gemes banget sama dia… Lucu gitu… Jadi tadi pas latian gue sempet nyuri-nyuri foto dia gitu, dan hasilnya lucu banget… Hehehehe… Aduh… Jadi malu… Yaaaa, gitu deeee… Hehehehe ^^
Ya udah de. Segitu dulu. Gue uda nggak tau mau nulis apa lagi. Cuma mau ngucapin selamat liburan, dan congrats buat naik kelas dan yang berhasil masuk IPA!! Hehehe… Like I care for the latter… Luv yah.

--balthazor66

1 comment:

ReRe said...

syapa tuh je??
jangan2 sih Ceming ya??
Huahuahuahuahua........
JJ dah mulai tidak wajar!! huehue..

Btw, ReRe jg sedih ttg "R"..
AKu dah mo nangis lagi nee..
J, malah dari maren ini aku bete2 sndiri sampe nyokap bingung.. Tp betenya tuh buat orang satu itu..
Dan terpecah belah-nya kelas kita yang.....................
(u know laagh)